Powered By Blogger

Minggu, 08 Januari 2012

LATIHAN UN BAHASA INDONESIA SMP 2012

MENENTUKAN ISI DAN BAGIAN PARAGRAF


 

 

  1. Ikan itu ada yang hanya punya satu warna. Misalnya merah, hijau, biru, atau perak. Ada yang berwarna lebih dari satu. Misalnya merah-hitam atau merah-hijau-biru. Ada pula yang warna tubuhnya beragam dengan warna putih atau peraknya lebih banyak. Ikan cupang yang berwarna seperti ini disebut maskot. Warna ikan cupang memang banyak macamnya.

    Paragraf di atas berbicara tentang ....

    1. maskot
    2. warna ikan
    3. ikan cupang
    4. tubuh ikan
  2. Di belakang rumahnya ada pohon jambu dan mangga. Di depan dan di pinggir-pinggirnya banyak tanaman bunga yang berwarna-warni. Ada pula pohon besar, entah namanya apa, di depan pintu masuk rumah itu. Itulah rumah Alam yang memang dipenuhi aneka pepohonan yang membuat rumah itu rindang dan sejuk.

    Paragraf di atas berisi tentang ....

    1. belakang rumah
    2. pohon besar
    3. pohon jambu dan mangga
    4. rumah yang dipenuhi aneka pohon
  3. Nasi goreng lima ton ini dimasak oleh 45 orang koki (juru masak) serta 90 orang pembantu. Tempat untuk memasaknya perupa wajan raksasa yang jumlah lima buah. Waktu yang dibutuhkan masak selama dua jam. Dana yang dihabiskan mencapai RP208 juta.

    Isi paragraf itu adalah tentang... .

    1. memasak nasi goreng raksasa
    2. beramai-ramai memasak nasi goreng
    3. nasi goreng yang harganya mahal
    4. lomba memasak nasi goreng
  4. Awan hitam berarak menutupi cahaya mentari. Langit yang terang benderang berubah menjadi gelap. Sesekali terdengar suara guntur bersahutan dan kelihatan petir menyambar. Tak lama kemudian turunlah hujan dengan derasnya.

    Paragraf tersebut memaparkan ....

    1. awan yang hitam
    2. proses terjadinya hujan
    3. hujan turun dengan deras
    4. keadaan di suatu tempat
  5. Di desa Mekar ada sebuah sanggar kerajinan tangan. Orang-orang menyebutnya demikian, karena tempat itu digunakan untuk membuat barang-barang kerajinan. Banyak barang kerajinan yang dibuat di sana. Bentuknya indah-indah. Barang-barang tersebut banyak terpajang di dinding-dinding sanggar itu.

    Paragraf tersebut memaparkan ....

    1. Desa Mekar
    2. sanggar kerajinan
    3. barang-barang kerajinan
    4. ketekunan orang-orang desa
  6. Pohon teratai itu indah sekali. Bunga-bunganya sedang mekar. Warnanya ungu agak keputih-putihan. Ada juga warna kuning pada bagian kelopaknya. Ujung-ujungnya melengkung lancip, mirip dengan kuku. Hanya saja ukuran bunga teratai itu tentu saja jauh lebih besar.

    Gagasan utama paragraf di atas adalah tentang... .

    1. pohon teratai yang indah
    2. ujung-ujung bunga teratai yang melengkung
    3. ukuran bunga teratai yang besar
    4. bunga teratai yang mekar
  7. Rampak bedug (Sunda) berarti sekumpulan orang yang memukul bedug. Bedug biasanya digunakan masyarakat Sunda sebagai alat komunikasi baik itu untuk mengabarkan berita kematian, kelahiran, atau berita khusus lain kepada warga. Lama-kelamaan bedug dijadikan ajang kompetisi antarkampung hingga lahirlah kesenian rampak bedug.

    Isi paragraf itu adalah tentang....

    1. kesenian Sunda
    2. rampak bedug
    3. alat komunikasi
    4. kompetisi antarkampung
  8. (1) Ya, sejak kecil Beatrice memang hobi sekali mengumpulkan boneka Barbie. (2) Bahkan apa saja yang berlabel Barbie akan dikoleksinya. (3) Mulai dari bonekar Barbie, rumah Barbie, sampai karpet Barbie pun ia kumpulkan. (4) "Tapi ini sudah tidak lengkap," katanya. (5) Beberapa terbakar ketika musibah kebakaran menimpa ruko tetangganya dan merembet ke rumah Beatrice. (6) Koleksi Barbie banyak yang terbakar.

    Kalimat utama paragraf di atas dinyatakan dengan kalimat....

    1. (1)
    2. (2)
    3. (6)
    4. (1), (6)
  9. Gedung berlantai dua yang tinggi dan besar di Jalan Madiun, Jakarta Pusat, itu tampak tidak terawat. Kusen-kusennya mulai lapuk dan cat temboknya mengelupas. Nama gedung itu tertulis dengan huruf Jawa yang sudah tidak lengkap lagi: Sandhipala. Di depan gedung itu tertulis Bakolak Inpres No. 6 Tahun 1971.

    Gagasan utama paragraf di atas adalah...

    1. gedung yang tidak terawat
    2. nama dengung yang berbahasa Jawa
    3. kusen-kusen yang mengelupas
    4. alamat gedung yang ada di Bakolak Inpres
  10. Pada dasarnya, paru-paru membersihkan dirinya sendiri secara teratur untuk menjaga agar pernapasan tetap berlangsung efisien. Dalam hal ini, dinding paru-paru dilapisi oleh sel lendir yang berfungsi menangkap zat-zat asing yang terhirup maupun virus, yang kemudian oleh bulu-bulu halus, zat-zat tersebut didorong ke luar dari paru-paru. Di sini batuk berperan membersihkan saluran pernapasan dari zat-zat yang tidak diperlukan tersebut sehingga hal itu merupakan suatu mekanisme perlindungan.

    Paragraf di atas mengandung gagasan utama tentang....

    1. paru-paru membersihkan dirinya secara teratur
    2. dinding paru-paru dilapisi lendir
    3. batuk berperan membersihkan saluran pernapasan
    4. zat-zat diperlukan untuk mekanisme perlindungan paru-paru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar