Minggu, 08 Januari 2012

MATERI PEMANTAPAN UN BAHASA INDONESIA SMP

MENENTUKAN ISI DAN BAGIAN PARAGRAF


 

  1. Pengertian dan Ciri-ciri Paragraf

    Paragraf adalah rangkaian kalimat yang saling berhubungan dan membentuk satu gagasan utama. Dengan demikian, berdasarkan pengertian itu paragraf memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

    1. Paragraf pada umumnya terdiri atas beberapa kalimat yang saling berhubungan.
    2. Paragraf membicarakan satu gagasan utama.

    Contoh paragraf

    (1) Kita tinggal di bawah lapisan udara yang disebut atmosfer. (2) Tuhan menciptakan atmosfer yang mengandung oksigen agar semua makhluk yang hidup di bumi bisa bernafas. (3) Jadi, Tuhan menciptakan lapisan atmosfis untuk melindungi makhluk-Nya.

    Paragraf di atas terdiri atas tiga buah kalimat. Ketiga buah kalimat itu saling berhubungan, yakni sama-sama berbicara tentang atmosfer. Adapun gagasan utamanya adalah atmosfer diciptakan Tuhan sebagai pelindung makhluk hidup. Gagasan itu dinyatakan di dalam kalimat ketiga.

  2. Isi Paragraf

    Isi paragraf bisa bermacam-macam: ketuhanan, kemanusiaan, kebangsaan, kemasyarakatan, perekonomian, dan sebagainya. Isi paragraf tersebut dapat diketahui melalui gagasan utamanya. Dengan demikian, apabila kita sudah mengetahui gagasan utamanya, mudah pula kita untuk menentukan isi suatu paragraf.

    Isi suatu paragraf dapat pula diketahui melalui kata kuncinya. Adapun dimaksud dengan kata kunci adalah:

    1. kata itu merupakan pusat pembicaraan,
    2. kata itu paling banyak diulang, bisa berupa persamaan, sinonim, ataupun penggantinya,
    3. kata itu bila dihilangkan atau diganti, akan mengubah keseluruhan isi paragraf.


     


    Contoh 1:

    Ikan itu ada yang hanya punya satu warna. Misalnya merah, hijau, biru, atau perak. Ada yang berwarna lebih dari satu. Misalnya merah-hitam atau merah-hijau-biru. Ada pula yang warna tubuhnya beragam dengan warna putih atau peraknya lebih banyak. Ikan cupang yang berwarna seperti ini disebut maskot. Warna ikan cupang memang banyak macamnya.

    Kata kunci dalam paragraf itu adalah ikan dan warna. Kata ikan berjumlah tiga buah dan kata warna berjumlah enam buah. Berdasarkan kata-kata kuncinya itu, dapat kita ketahui bahwa isi paragraf tersebut adalah tentang warna ikan.

    Contoh 2:

    Di belakang rumahnya ada pohon jambu dan mangga. Di depan dan di pinggir-pinggirnya banyak tanaman bunga yang berwarna-warni. Ada pula pohon besar, entah namanya apa, di depan pintu masuk rumah itu. Itulah rumah alam yang memang dipenuhi aneka pepohonan yang membuat rumah itu rindang dan sejuk.

    Kata kunci paragraf itu adalah rumah dan pohon karena kedua kata itu paling banyak diulang. Kata rumah diulang sebanyak empat kali dan kata pohon sebanyak tiga kali ditambah kata tanaman sebagai penggantinya. Dengan demikian, isi paragraf itu adalah tentang rumah yang banyak pepohonannya.

  3. Bagian-bagian Paragraf

    Secara umum, paragraf dibentuk oleh dua bagian, yakni gagasan utama dan beberapa gagasan penjelas.

    1. Gagasan utama merupakan gagasan yang menjadi dasar pengembangan suatu paragraf. Dengan demikian, fungsinya sebagai pokok, patokan, atau dasar acuan suatu paragraf. Gagasan utama dinyatakan di dalam kalimat utama.
    2. Gagasan penjelas merupakan gagasan yang berfungsi menjelaskan suatu gagasan utama. Penjelasannya itu bisa dalam bentu uraian-uraian kecil, contoh-contoh atau ilustrasi, kutipan-kutipan, dan sebagainya. Gagasan penjelas dinyatakan dalam kalimat-kalimat penjelas.

    Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa paragraf mengandung beberapa bagian lainnya, yakni kalimat utama dan kalimat penjelas.

    1. Kalimat utama merupakan kalimat dirumuskannya gagasan utama. Letaknya bisa di awal ataupun di akhir paragraf. Ada pula kalimat utama yang berada di awal dan di akhir paragraf secara sekaligus. Walaupun terdapat pada dua kaliamat tidak berarti paragraf itu memiliki dua gagasan utama. Gagasan utama paragraf tetap satu. Adapun kedua kalimat utama itu keberadaanya hanya saling menegaskan: kalimat pertama menegaskan kalimat terakhir ataupun sebaliknya.
    2. Kalimat penjelas merupakan kalimat dirumuskannya gagasan penjelas. Jumlah kalimat penjelas pada suatu paragraf biasanya sesuai dengan jumlah gagasan utamanya. Satu kalimat utama lazimnya mewakili satu gagasan penjelas.


     


    Contoh 1:

    Proses penemuan fotokopi bukan karena ditunjang oleh fasilitas yang memadai, tetapi karena ketekunan. Dia mengatur waktu kosongnya yang relatif singkat. Ketika menginjak usia 29 tahun, dia sudah mulai mengadakan penelitian tentang brbagai efek cahaya atas berbagai bahan guna memindahkan suatu tulisan dari satu lembar ke lembar lain. Karena itu dia mulai bereksperimen di apartemennya dengan menggunakan efek fotoelektrik untuk mengadakan penggandaan. Tiap menjelang tidur malam, dia membaca buku yang dipinjamnya di perpustakaan.

    Gagasan utama paragraf di atas adalah proses penemuan fotokopi karena ketekunan. Gagasan tersebut terdapat dalam kalimat pertama. Kalimat-kalimat yang ada di bawahnya mengandung gagasan penjelas, yang fungsinya membuktikan tentang bagaimana ketekunan si penemu fotokopi itu. Dijelaskan bahwa penemu fotokopi itu rajin mengadakan penelitian dan rajin membaca buku walaupun waktu yang dimilikinya sangat sempit.

    Contoh 2:

    Karyawan-karyawan di suatu kantor tidak dapat bekerja dengan tenang karena kepala kantornya bersikap keras dan kaku. Sering kali dia bersikap seakan-akan dia sendiri yang paling benar. Semua kehendaknya harus diikut. Akibatnya suasana kerja di kantor itu sama sekali tidak menyenangkan.

    Gagasan utama paragraf di atas adalah karyawan tidak dapat bekerja dengan tenang karena sikap kepala kantornya yang keras dan kaku. Gagasan tersebut dinyatakan secara eksplisit dalam kalimat pertama. Penejelasan terhadap gagasan itu dinyatakan dalam kalimat-kalimat yang ada di bawahnya. Kalimat-kalimat tersebut menyatakan ilustrasi tentang sikap keras dan kaku seorang kepala kantor berserta akibat yang ditimbulkannya.


     

    Perhatikan pula paragraf-paragraf di bawah ini!

    (1) Kalau kita amati, sekarang ini muncul gejala serba ingin tampil beda dalam berbagai bidang kehidupan. Keinginan untuk tampil beda itu kita trjemahkan dengan mencari "jalur lain" atau yang disebut indie. Hai, tanpa kita sadari, semua remaja melakukan itu. Yang terjadi adalah kita, teman kita, saudara, hingga orang lain yang kita temui di mal, bergaya sama. Mereka juga mendengarkan musik indie dan nonton filem indie. He-he-he, kok buntutnya jadi kompak, ya?

    (2) Padahal, inti dari indie itu, kan, independen. Mandiri, tidak sama dengan orang lain. Akan tapi kalau semua kompak tampil beda, ya, kesannya malah kita mengikuti tren juga. Tren indie, he-he-he....


     

    Gagasan utama dan gagasan penjelas kedua pragraf di atas adalah sebagai berikut.


     

Paragraf

Gagasan utama

Gagasan penjelas

1

Sekarang ini muncul gejala serba ingin tampil beda dalam berbagai bidang kehidupan.

  1. Keinginan untuk tampil beda itu kita terjemahkan dengan mencari "jalur lain" atau yang disebut indie.
  2. Tanpa kita sadari, semua remaja melakukan itu.
  3. Yang terjadi adalah kita, teman kita, saudara, hingga orang lain yang kita temui di mal, bergaya sama.
  4. Mereka juga mendengarkan musik indie dan nonton film indie.
  5. Buntutnya (semua) jadi kompak, ya?

2

Inti dari indie itu, kan, independen.

  1. Mandiri, tidak sama dengan orang lain.
  2. Akan tapi kalau semua kompak tampil beda, ya, kesannya malah kita mengikuti tren juga.


 

Soal-soal dan Pembahasan


 

  1. Industrialisasi di negara kita mendorong didirikannya berbagai macam pabrik yang memproduksi beraneka barang. Pabrik-pabrik itu memberikan lapangan kerja kepada ribuan tenaga kerja baik yang berasal dari masyarakat di sekita pabrik maupun di daaerah-daerah lain. Dengan demikian, adanya berbagai pabrik dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Di samping itu, beraneka barang yang diproduksi oleh pabrik-pabrik tersebut telah meningkatkan ekspor nonmigas serta menghasilkan devisa bagi negara.

    Gagasan utama paragraf itu adalah....

    1. Industrialisasi memproduksi beraneka barang.
    2. Industrialisasi meningkatkan ekspor nonmigas.
    3. Industrialisasi mendorong didirikannya berbagai macam pabrik.
    4. Industrialisasi meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta menghasilkan devisa negara.

    Pembahasan

    Gagasan utama paragraf itu dinyatakan di bagian akhir, yakni ditandai dengan kata dengan demikian. Bagian itulah yang merupakan gagasan utama paragraf itu, yakni bahwa industrialisasi dapat meningkatkan kesejahteraan; di samping itu dapat pula menghasilkan devisa negara.

    Jawaban: D

  2. Apabila kita masuk ke ruangan perpustakaan ini, kesan pertama yang terasa adalah bersih, teratur, dan menyenangkan. Baik pengaturan buku-buku maupun dekorasi ruangannya sangat baik. Semuanya ini tentu merupakan salah satu alasan perpustakaan sekolah ini menjadi juara pertama dan ditetapkan sebagai perpustakaan teladan se-DKI Jaya tahun ini.

    Paragraf di atas berisi tentang ....

    1. kesan ruangan perpustakaan
    2. keadaan ruangan perpustakaan
    3. perpustakaan yang dapat juara
    4. lomba perpustakaan

    Pembahasan

    Paragraf itu berisi tentang keadaan ruangan perpustakaan. Hal itu dapat diketahui dari kata kunci yang digunakannya, yakni (keadaan) ruang perpustakaan (lihat kalimat pertama). Kata-kata itu diulang lagi pada dua kalimat berikutnya, yakni dengan –nya.

    Jawaban: B

  3. Gagasan utama paragraf pada soal nomor 2 di atas adalah....
    1. apabila kita masuk ke ruangan perpustakaan ini
    2. ruangan perpustakaan yang terasa adalah bersih, teratur, dan menyenangkan.
    3. pengaturan buku-buku maupun dekorasi ruangan yang sangat baik.
    4. salah satu unsur perpustakaan menjadi juara pertama.

    Pembahasan

    Gagasan utama paragraf itu adalah ruangan perpustakaan terasa adalah bersih, teratur, dan menyenangkan. Gagasan tersebut ada pada kalimat pertama.

    Jawaban: A

  4. Gerakan pencinta alam dengan dasar "sadar lingkungan sehat" telah mulai menggejala secara di kalangan remaja. Tidak sedikit perkumpulan pencinta lingkungan yang anggotanya terdiri atas siswa-siswa sekolah, baik itu siswa SLTP maupun SLTA. Keberanian untuk melakukan penelitian ilmiah telah makin meluas, khususnya di tingkat SLTA. Fenomena-fenomena semacam itu merupakan bukti bahwa remaja pada tahun-tahun terakhir ini tidak selalu bernilai negatif.

    Isi paragraf di atas adalah tentang... .

    1. kegiatan para remaja
    2. gerakan pencinta alam
    3. sadar lingkungan sehat
    4. penelitian ilmiah

    Kata kunci atau kata yang paling banyak diulang adalah kata remaja. Kata itu diulang empat kali, termasuk penggantinya, yakni siswa. Dengan demikian, paragraf itu berbicara tentang remaja, yakni tentang kegiatannya.

  5. Kalimat utama paragraf pada soal nomor 4 di atas adalah... .
    1. Gerakan pencinta alam dengan dasar "sadar lingkingan sehat" telah mulai menggejala secara di kalangan remaja.
    2. Tidak sedikit perkumpulan pencinta lingkungan yang anggotanya terdiri atas siswa-siswa sekolah, baik itu siswa SLTP maupun SLTA.
    3. Keberanian untuk melakukan penelitian ilmiah telah makin meluas, khususnya di tingkat SLTA.
    4. Fenomena-fenomena semacam itu merupakan bukti bahwa remaja pada tahun-tahun terakhir ini tidak selalu bernilai negatif.

    Pembahasan

    Paragraf di atas dengan jelas mengungkapkan gagasan bahwa remaja tidak selalu bernilai negatif. Gagasan tersebut terdapat dalam kalimat terakhir. Kalimat-kalimat sebelumnya merupakan bukti-bukti yang menunjukkan fenomena positif kiprah kalangan remaja.

    Jawaban: D

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar